> >

Sunday, February 26, 2012

Sisi Buruk Menanam Sawit

Perkebunan Sawit


Kenapa Harus Sawit ?
Kebanyakan orang ingin berinvestasi dengan menanam sawit (khusus nya di Riau). Dengan harapan bisa jadi aset yang menjajikan dimasa tua. Banyak pengusahan atau pensiunan ingin memiliki tanah yang sangat luas, lalu dijadikan perkebunan sawit. Entah lah, saya juga tidak mengerti apa hebatnya sawit ini. Saya berpikir masih banyak tanaman lain yang lebih menjual di pasaran. Sangking Demam dengan Buah Sawit Hampir 2 Juta Hektar (sumber : RiauBisnis.com) dijadikan Lahan sawit.... WOW !! Apa tidak ada tanaman lain ? Mangga, Buah Naga, dan lainnya.

Dimana-dimana Sawit.
Tempat asal saya (Riau), Liat kiri-kanan selalu ada pohon sawit. Perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai yang saya lihat bukan pohon yang tinggi dan rindang, tapi pohon sawit yang tersusun rapi disepanjang jalan. Ahk..... !
Jangankan di sepanjang Jalan Lintas .... Dikampus saya aja, di Hiasi dengan Pohon sawit #Letoy.

Dampak nya !!
Gara-gara Demam sawit banyak dampak yang dirasakan,

  1. Pemanasan Global, karena banyak petani sawit ambil jalan pintas untuk membersihkan lahan yaitu dengan membakar Hutan. #Pecundang, gak ada modal jangan sok-sok jadi pengusaha.
  2. Hewan Imut (red: liar) jadi tergusur, Jelas ..... dulu mereka tinggal di hutan bebas. Tapi sekarang Hutan mereka di ambil oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Yang saya tau, pohon sawit itu banyak menghabiskan sumber air yang ada dalam tanah, nah Jangka Panjang nya gmn ??? pasti tidak baik untuk Generasi selanjutnya....
  4. Sekian .... #Bingung mau nulis apa lagi ...

1 komentar:

Wah bener banget, saya waktu berada di Riau Perjalanan sepanjang Pekanbaru- Duri sejauh mata memandang perkebunan kelapa sawit dimana-mana.

Bagus nih kalau dirimu menulis lebih banyak tentang daerah Riau :)


Join Fan Pages VIVAlog
Best Regards, Gal's

Post a Comment