> >

Wednesday, January 4, 2012

Go Green Dengan Adanya Internet

Internet Sangat Amat Membantu Program Go-Green
Oleh : Jefriadi Azwar's


Hutan Gundul


Sebelum saya bercerita panjang, saya ingin mengajak teman-teman untuk membayangkan bagaimana dunia ini jika tidak ada Hutan ? Anggap saja sekarang kita masih punya hutan. Tapi mari kita lihat Jakarta, Pekanbaru, Padang,  dan kota-kota lain yang belum pernah saya kunjungi. Kota tersebut terasa amat panas (bukan berarti saya sok lebay) tapi semua orang juga merasakannya. Nah sedangkan ada Hutan aja dunia ini terasa panas apalagi jika tidak ada hutan sama sekali.

source :  meme.zenfs.com


Baik semua orang juga udah tau kalau hutan merupakan paru-paru dunia. Dunia pun sibuk menghimbau kepada seluruh orang agar melakukan "Go-Green" dan Indonesia dipilih menjadi negara yang di percaya untuk mengelola hutan agar tetap terjaga untuk menyelamatkan dunia dari global warming. Program yang sedang hangat itu dinamakan "Penanaman Seribu Pohon" atau sejenis nya. Saya amat senang sekali dengan program itu, saya berharap Indonesia atau kota saya sendiri (Pekanbaru) menjadi kota yang adem(baca: sejuk) lagi.



Tapi dengan adanya program pemerintah ini, banyak hal-hal yang tidak mendukung, seperti :
Penebangan Hutan

1. Penebangan Hutan yang Ilegal
    Penebangan hutan ini sudah sejak lama dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, menebang hutan secara ilegal lalu tidak melakukan penanaman kembali (reboisasi) sehinga akibat dari kegiatan itu hutan menjadi gundul dan banyak terjadi bencana banjir.

2. Pemakaian Kertas secara berlebihan.
    Penggunaan kertas secara berlebihan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hutan. Kertas dan Hutan, kedua nya sama-sama penting tapi kita akan lebih membantu melestarikan hutan dengan penghematan terhadap penggunaan kertas.
     
Tumpukan Makalah
     Masalah pada point no.2 ini terjadi pada kampus saya sendiri atau mungkin juga terjadi pada kampus-kampus lainnya. Bagi yang sedang kuliah atau pernah merasakan yang namanya kuliah hal ini pasti pernah kita rasakan, yaitu membuat tugas yang tidak ada habisnya dan tugas favorit yang sering di berikan oleh dosen adalah tugas membuat Makalah. Pada semester awal saya menganggap tugas yang banyak itu sebagai tantangan tapi dengan kegiatan perkuliah yang padat ditambah lagi cuaca yang sangat panas saya jadi terpikir "kenapa kota ini tidak di lindungi dengan tata pohon yang rapi dan indah" sehingga tetap sejuk dan enak di pandang mata. Dari masalah itu saya jadi teringat dengan kata Makalah, seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa tugas Makalah menjadi tugas favorit yang diberikan dosen. Yang namanya Makalah sudah pasti kertas, kertas sudah pasti dari hutan dan secara otomatis penggunaan kertas membuat hutan kita berkurang. Setiap hari rental-rental komputer dan jasa printer sangat sibuk di pagi hari untuk melayani mahasiswa yang membuat tugas Makalah. Hal itu menjadi bukti pemakaian kertas yang berlebih.

Mahasiswa UIN SUSKA

Kita bayangkan saja jumlah mahasiswa di sebuah kampus, sudah pasti ribuan. Dari ribuan mahasiswa dari sebuah kampus sebagian nya pasti membuat makalah setiap hari dan di Indonesia tidak hanya memiliki satu kampus ada lebih dari seratus lebih kampus yang ada di Indonesia yang semuanya memiliki rutinitas menggunakan kertas disaat bimbingan.

Baik... saya mencoba berpikir cerdas. Sekarang zaman sudah berkembang, teknologi komunikasi sudah canggih, salah satunya adalah internet. Dengan internet informasi menjadi lebih mudah didapatkan, lebih mudah diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Kembali ke permasalahan tadi (menggunakan kertas yg berlebihan), saya tidak mempermasalahkan tugas makalah yang diberikan dosen tapi saya lebih memikirkan penggunaan kertas tersebut. Saya ingin  tugas-tugas dikumpulkan dalam bentuk softcopy yaitu mengirim melalui internet (e-mail) dari pada mengumpulan tugas makalah dalam bentuk hardcopy. Coba dipikirkan, kemana kertas-kertas (makalah) dari tugas yang dikumpulkan mahasiswa tersebut jika dosen selesai memeriksa, itupun kalau dosen emang benar-benar membaca semua isi makalah dari sebanyak mahasiswa. Tapi kebanyakan makalah hanya dilihat sekilas dan makalah-makalah (kertas) tersebut hanya menjadi tumpukan kertas yang berserakan di ruangan dosen. Belum lagi sewaktu ingin membuat proposal Kerta Praktik, Proposal judul Tugas Akhir, dan Proposal Tugas Akhir yang sangat banyak menggunakan kertas.

Dengan Masalah-masalah yang saya lihat itu berhubungan dengan Global Warming, yang membuat hati saya tergerak ingin melakukan sesuatu yang berguna (Resolusi Juara di 2012) untuk menghindari bumi ini semakin panas. Resolusi yang akan saya lakukan di tahun 2012 ini didukung dengan keanggotaan saya sebagai Ketua Bidang IPTEK di BEM FASTE (Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi).

Resolusi saya yang Pertama.
Saya (dan didukung keanggotaan di BEM FASTE) akan membuat dan mengusulkan kepada kampus ditempat saya kuliah khususnya fakultas sains dan teknologi, untuk menerapkan kewajiban menggunakan email sebagai sharing data salah satunya mengumpulkan tugas-tugas mahasiswa sehingga mengurangi pemakaian kertas dan menggunakan blog atau subsite sebagai pusat informasi oleh dosen untuk mahasiswa.

Resolusi saya yang Kedua.
Blog dan kegiatan SEO menjadi kesibukan serta tantangan baru saya, jadi saya ingin membuat forum sharing rutin atau suatu perkumpulan untuk mahasiswa-mahasiswa yang ada dikampus saya agar kedepannya mereka bisa mengembangkan ataupun menjulan apapun di dunia maya. Yang memiliki minat bakat yang sama.

Resolusi saya yang Ketiga.
Saya ingin membuat seminar atau acara Video Conference dengan kampus di Negara lain yang bertemakan "Go Green" menjadi acara wajib atau acara tahunan yang di adakan di kampus saya.

Resolusi saya yang Keempat.
Berhubung saya adalah Mahasiswa Teknik Elektro, ditahun 2012 ini saya akan memaksa pihak jurusan di kampus saya untuk lebih mengembangkan serta mempraktekkan kepada mahasiswa dalam pembuatan alat seperti Solar Panel yang dinilai ramah lingkungan.

Resolusi saya yang Kelima.
Niat saya yang kelima ini, saya ingin sekali sosialisasi kepada semua orang khusus nya di kota pekanbaru yaitu Sekolah, Universitas, Instansi-instansi pemerintah, dan perusahaan untuk menggunakan aktifitas internet dalam pertukaran informasi sehingga dapat banyak menghemat kertas. Insyallah.....

Dengan adanya internet dan kemajuan teknologi, penghematan kertas dapat dilakukan secara besar-besaran, salah satu contoh : Sekarang ini ada teknologi yang dapat membaca koran secara online tanpa menggunakan kertas hal ini sudah pasti didukung oleh kemajuan internet. Banyak keuntungan menggunakan internet, diantara lain :


1.  Penghematan Kertas
     Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, dengan adanya internet dan teknologi semua menjadi serba mudah, serba cepat dan serba efisien. Dengan komputer, kita tidak perlu lagi menulis diatas kertas dan dengan internet kita tidak perlu lagi mengirim surat dengan kertas, karna sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan surat elektronik (email) menggunakan jaringan internet

2. Penghematan Waktu
    Dengan internet saya tidak perlu jauh-jauh mencari bahan tugas atau meminta bahan tugas dari teman yang rumahnya sangat jauh.

3. Menambah penghasilan
    Banyak mereka yang menjadi internet marketing sebagai penghasilan tambahan atau penghasilan tetap karna jualan online saat ini sangat menjanjikan.

I'm :D

Semakin kedepan internet semakin cepat dan semakin murah. Berhubung saya anak Teknik Elektro Telekomunikasi, jadi saya sedikit tau tentang media transmisi yang baik untuk internet yaitu sebaiknya media transmisi menggunakan kabel dari pada nirkabel(tanpa kabel), karna jaringan internet nirkabel sering terjadi gangguan yang berasal dari cuaca, frekuensi dan lain-lain. Provider yang menggunakan kabel untuk jaringan transmisi internet seperti TelkomSpeedy merupakan provider yang sudah lama dan terpercaya atas kecepatan dan layanannya. Banyak warnet-warnet di kota saya menggunakan TelkomSpeedy, selain cepat dan paket warnet yang ditawarkan sangat murah dari pada provider lainnya. Jika teman-teman berminat, bisa lihat info nya disini StoreTelkomspeedy.

Semoga internet tidak hanya dijadikan bahan informasi yang negatif (pornografi) tetapi lebih diperbanyak informasi bernilai positif yang dapat menjadi referensi untuk diri dan orang lain.




Reaksi:

67 komentar:

Sangat Setuju mas ...... Panas buat kulit saya hitam :(

setuju
maka gunakan leh internet dengan sebaiknya. denan menggunakan internet maka tugas tidak erlu di kumpul dengan kertas (makalah) langsung kirim pake inernet...
kita kurangi pemakaian kertas agar hutan kita bisa lestari kembali

Salam kenal....
Go green, wah saya dukung banget !
mampir juga ya, ke blog saya....
http://www.nurrahmatk.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-optimalkan.html

makasih...

ide yang sangat brilliant, saya dukung. walau tidak gampang untuk mewujudkannya.... butuh dukungan dari seluruh lapisan. karena menurut saya, kalangan civitas akademik (walau tidak semuanya) sudah ter-doktrin oleh pikiran-pikiran "ah, pake internet ribet, mesti buka PC lah, cari koneksi free internet lah, belum lagi kalau datanya lose, atau datanya Corrupt, dll", namun pada kenyataannya menggunakan internet untuk metode ini sangat simple, "just Plug and play"... gampang kan?? semoga resolusinya tercapai.....

Salam Blogger,

Saya sangat tertarik sekali pada Resolusi Pertama Sobat. Ini suatu terobosan baru di lembaga pendidikan perihal reduce pemakaian kertas. Ide yang sangat bagus sobat, karena ini sudah saya rasakan di "Perusahaan" tempat saya kerja, dengan adanya "Lotus Notes" atau sejenis email keluaran IBM yang bekerja di jaringan LAN dan WAN, biaya kantor mengalami penurunan sangat significant.

Lanjutkan Resolusi sobat bersama speedy....

Happy blogging.

bener banget mas, waktu saya kuliah dulu banyak banget make kertas untuk makalah.. Sukses selalu ya mas, semoga menang..

Kunjungan balik mas... Wah bagus bgt Resolusinya, mudah2an terwujud ya. hanya bisa bantu doa saja. Tetap semangat

bagus banget kak idenya :)
memang sih ada beberapa hal yang tidak baik dari internet, tapi sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari adanya internet, contohnya seperti tulisan kakak "Go Green Dengan Adanya Internet".
sukses yah kak buat semuanya :)
makasih juga udah berkunjung di blog aku (anaktete.blogspot.com)

wah saya salut melihat resolusinya, semoga kesampaian yah..

Wah resolusi yang keempat ane dukung banget
semoga resolusinya bisa tercapai ya hehe

yang lain bisa bantu saya
http://faishalhendaryawan.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012.html

bener banget nih,dikampus saya yang rindang aja masih ttep panas -_- hehe semoga resolusinya terwujud yah :D amin

Dini Tell More

Semoga terlaksana mas resolusi2nya..n Keep posting

semangat .. semoga tercapai resolusinya..
salam blogger..

semoga semua resolusi akan segera jadi nyata yaaaa....

mudah"an resolusinya tercapai sesuai harapan. amin

wahh IDEnya Cukup Bagus..
tapi masih ada sebagain Mahasiswa belum memanfaatkan internet untuk bertukar dokument. karena menurut sebgaian orang untuk dapat menggunakan internet memerlukan biaya yg mahal/sulit. sebaik nya kampus menyediakan fasilitas internet yg FREE/GRATIS (sengaja tulis Pakai CapsLock), yang di gunakan untuk bertukar Informasi dan dokument antar mahasiswa dan dosen nya,

Saya dukung aksi anda!
Tapi apakah semua orang punya pengganti kertas?

semoga sukses resolusinya om n salam hngat dri saya semangat

mari kita dukung Go Green dengan adanya internet..

sukses sobat untuk lomba blog resolusi juara 2012nya sobat...

This comment has been removed by the author.

waw bagus mas semoga blogger tetap jaya
jangan lupa mampir dan komentarnya ya mas
Resolusi Juara 2012: Serba Internet
Terimakasih :D

Ternyata internet banyak manfaatnya yah mas..... semoga sukses postingannya mas ... :D

Mas, saya sudah baca yang terakhirnya..... saya harap semua itu terwujud yah.... amin

Keren-keren ....... Saya dukung, saya rindu dengan dingin nya udara yang segar....

Salam kenal :D kunjungan bali yah..

Salam kenal yah .., semoga bisa terwujud

Jadi teringat Film avatar kalau bumi ini banyak hutannya ..... I love go green

Hutan memang paru-paru dunia, maka dari itu usaha apapun yang kita lakukan untuk menyelamatkan bumi dari kegundulan... sangat didukung..... cahyo

Kak, ceritanya sangat membangun.... semoga yang baca jadi ikut terinspirasi..... semangat-semangat-semangat :D

Go go go green :D
Keren resolusinya, penjabarannya lengkap :D
I like it !!
Kunjung balik ya ke My Blog

Infonya... Mendukung juga..
Jangan Lupa Berkunjung dan beri Koment
http://fuadditiyaimaspadimuharam.blogspot.com/2012/01/resolusi-juara-di-tahun-2012.html

wah sampai mengenai alam nih resolusi nya! :D

Nice sob!...

@mas Haris : Memang tidak semua orang mas, tapi menurut saya alangkah lebih baik jika sesuatu yg menghemat kertas, apa salahnya kita untuk hemat. :D

@bang Ilham :benar bang ... harus ada dukungan semua orang.... termasuk dukungan jaringan internet nya... hehe

@bang jammal : Gratis ! harus bang, di malaysia aja wifi ada dimana-dimana. sedangkan negara kita sendiri wifi aja kadang pake password dan bayar ... fiuh

Semoga Resolusi-nya tercapai....Sukses....
http://www.hadisetyo.com/2011/12/internet-sebagai-media-pembelajaran.html

makasih mas jef atas kunjungannya ke blog saya. wah nampaknya situ mahasiswa aktif nih haha banyak kegiatannya. semoga kita bener2 jadi bloger yang bermanfaat bagi semua orang :D

salam : http://blogcibe.blogspot.com/2011/12/resolusi-di-tahun-2012.html

Mas saya dukunga sekali dengan tulisannya. semoga tercapai yah....

Saya senang dengan resolusinya, semoga kita tetap diberi keselamatan yah ....

sepakat mas, dan resolusinya manteb :D

Terima kasih semua atas dukungan nya, semoga resolusi saya terwujud.... amin

mantab banyak sekali manfaatnya ternyata kalau kita go green

Bener banget, sob. ^^
Dian Sastro kayaknya pernah menyuarakan hal yang sama.. Sayangi hutan dan lingkungan.
Resolusinya juara banget nih.. Semoga bisa terlaksana ya. :D

Mari mampir di http://cizuondiary.blogspot.com/2012/01/resolusi-2012-nggak-cupu-lagi.html

Terima kasih. ^^ salam kenal

salam kenal kembali..
semoga sukses juga yah dengan lombanya :D

oke gan... lanjut terus semoga berhasil... tweet ane di @andyck007 yah... kita share info blog bareng

salah kenal je,,bagus je,,anak elektro juga?? smstr brp?

@Joni : ia anak elektro telekomunikasi smester 7 UIN SUSKA RIAU .... terima kasih atas kunjungannya mas joni

@Cizu : terima kasih mas, semua orang pasti ingin dunia ini tetap indah bagaimana semestinya .... salam kenal kembali

Sip,,, sob,,artikel yang bagus,,
semoga kita bisa mengurangi dampak negatif adanya internet,,,, thank's udah mampir di blog ane,,!!
Sukses buat resolinya..!!!

Resolusi yang baik
dengan penjelasan diawal dan misi ditengah
semoga akhirnya adalah keberhasilan..amin

Kunjungan balik gan.. Keren resolusinya...
@All: kunjungi juga punyaku di http://goo.gl/NSMWV

wah bagus mas artikelnya . .
Makasih sudah berkunjuung di blog saya.
Maaf baru sempat jalan ke mari soalnya banyak kerjaan . .hhe . .

Mari jalin silahturahim.

Indahnya berbagi.

untuk yang lain mari berkunjung ke blog saya juga ya.

http://kantorku-net.blogspot.com/2011/12/resolusi-juara-2012-bersama-telkom.html?showComment=1326034519152#c6701977288290876726

Artikel yang menarik. Kunjungi saya di link di bawah ya. Terima kasih.
http://farikamaharani.blogspot.com/2011/12/resolusi-tahun-2012-berjualan-jilbab-di.html

Setuju bgt,, tapi capek juga lau baca gak di kertas heheh

maju trus dech

waaaaah~
bagus ^^
like it..
resolusi-nya semoga bisa terealisasi ^^
salam kenal yak!! ^^

mugo2 tercapai ya kawan...tapi jgn bnyk2 ngenet lho, listriknya juga bikin global warming tuh.hehe

go green.... semoga resolusinya bermanfaat bagi semua orang... kalau bukan kita siapalagi yg mau menjaga bumi kita. jempol buat resolusinya

semoga tercapai ya niat mulianya :)

semangat ya mas.salam kenal..semoga resolusinya tercapai...aamiin.:D

Bagus isinya koq dan menarik tapi dengan masalah go Green itu dalam negara ini sudah tidak ada lagi karna masyarakat belum menyadari akan hancur nya dunia ini apa lagi para pejabatnya. dan maju terus untuk mencapai masa depan yang baik ya sob jangan jadi penghancur dan perusak alam ini

@pakar internet : terima kasih mas .....

Salam kenal sob dan selamat so sudah menjadi juara nih.

selamat yach atas kemenangnnya...

Sependapat saya mas,
kampanye kan aja nih go green lewat blog, terus blogwalking ke blog2 penjuru dunia..
salam

huuumt gambar hutannya bagus bgt gan

Post a Comment