> >

Sunday, January 2, 2011

Cara Melakukan Manajemen Bisnis Internet


Bisnis internet itu memang sederhana. Cukup duduk di depan komputer, uang mengalir sendiri. Saking sederhananya ini yang terkadang mungkin membuat banyak pebisnis internet mengabaikan manajemen bisnis internet. Padahal, manajemen bisnis tetaplah penting. Supaya tujuan bisnis anda bisa tercapai secara maksimal dengan menggunakan sumber daya yang ada.
Kalau menurut teori manajemen, tahapan manajemen adalah planning, organizing, actuating, dan controlling. Di tiap tahapan itulah bisnis anda diperhatikan, dirawat, dan digerakkan sampai mencapai level seperti yang anda inginkan.
Pertanyaannya, bagaimana melakukan manajemen bisnis di bisnis online?
Sebelum masuk ke jawaban bagaimana melakukan manajemen bisnis internet, kita ketahui terlebih dahulu kenapa anda perlu melakukan manajemen bisnis.

Mengapa manajemen bisnis internet itu penting?

Beberapa alasannya sudah saya singgung beberapa di awal tadi. Namun untuk lebih memperjelas, berikut alasan mengapa manajemen bisnis itu penting bagi anda.
  1. Agar bisnis lebih teratur dan terencana. Manajemen sesuai artinya yaitu ilmu untuk mengatur, berarti dengan menerapkan manajemen bisnis gerak langkah bisnis anda bisa lebih teratur dan terencana. Tidak serampangan atau tanpa arah yang jelas.
  2. Anda perlu sistem bisnis yang solid. Adakah bisnis yang tak dibangun dengan sistem? Semua bisnis besar dibangun dengan menggunakan sistem. Sedari kecil bisnis berjalan, pemilik bisnis memikirkan sistem bisnis yang tepat bagi bisnisnya. Sampai kemudian bisnis itu semakin besar dan besar.
  3. Membangun kredibilitas bisnis. Semua pebisnis hebat punya kredibilitas dan kompetensi yang tidak diragukan lagi. Nama mereka mentereng dan disebut-sebut banyak orang karena kepiawaiannya mengelola bisnis. Untuk mengelolanya, jelas dibutuhkan manajemen bisnis yang handal.
  4. Menangkap peluang baru lebih cepat. Dengan manajemen bisnis yang tepat, anda bisa menangkap banyak peluang bisnis baru lebih cepat. Sebab sistem anda sudah berjalan dengan pola yang berdasar pengujian yang anda lakukan, merupakan yang terbaik.
  5. Sehebat-hebatnya Superman, tetap lebih hebat super team. Betul, anda bisa jalankan bisnis internet seorang diri. Mungkin anda pintar, mungkin anda bisa banyak hal, namun kalau anda ingin berbisnis yang terbaik anda harus libatkan orang lain. Sebab tak mungkin anda jalankan semuanya seorang diri. Ada hal yang jauh lebih penting yaitu memikirkan strategi memperbesar bisnis anda, anda mulai belajar bagaimana cara mengelola orang, bagaimana mengeksekusi keputusan, dan banyak hal fundamental bisnis lainnya yang mesti anda lakukan.
    Untuk awal, tidak masalah anda jalankan sendiri. Namun saat bisnis anda sudah mulai berjalan, lakukan delegasi agar bisnis anda berkembang.
Ruang lingkup manajemen bisnis memang amat luas. Banyak hal yang harus di-manage agar bisnis lancar. Dari manajemen strategis, manajemen marketing, manajemen sumber daya manusia, manajemen produksi, manajemen keuangan, sampai manajemen teknologi informasi.
Namun biar tidak terlalu pusing karena istilah-istilah yang bisa bikin kening berkerut, bagi anda pebisnis internet bisa lakukan manajemen bisnis internet yang sederhana seperti berikut.

Cara Melakukan Manajemen Bisnis Internet

  • Manajemen marketing/promosi. Lewat apa saja bisnis anda dipromosikan? Lewat iklan berbayar, SEO, social media, email marketing dan apa lagi? Siapa target pemasaran anda? Bagaimana frekuensinya? Bagaimana tes ukur hasilnya?
  • Manajemen strategis. Bagaimana arah bisnis anda saat ini dan rencana mendatang sesuai visi bisnis anda? Program apa saja yang anda rancang? Bagaimana harga produk anda?
  • Manajemen produksi. Apa produk yang akan anda luncurkan? Bagaimana operasi bisnis internet anda dijalankan? Pada bagian manajemen bisnis yang ini berguna untuk menjamin kualitas barang/jasa anda sesuai dengan yang anda tetapkan.
  • Manajemen sumber daya manusia. Bagaimana mengelola orang-orang anda? Bagaimana menggerakkan mereka agar berada pada satu tujuan? Bagaimana mengatur mengenai alur kerja?
  • Manajemen keuangan. Bagaimana mengatur keuangan bisnis anda? Bagaimana pengawasan untuk uang masuk dan keluar bisnis anda? Bagaimana mengatur anggaran bisnis anda?
  • Manajemen teknologi informasi. Bagaimana pengembangan TI yang dibutuhkan untuk bisnis internet anda? Apa saja investasi peralatan yang dibutuhkan? Bagaimana agar peralatan-peralatan anda bisa mendukung bisnis anda secara optimal?
Hal yang sama juga bisa anda terapkan kalau bisnis anda termasuk offline dengan menerapkan manajemen bisnis di atas. Tentu anda juga tak harus menunggu semuanya siap secara ideal seperti di atas. Yang bisa anda lakukan terlebih dulu, ACTION-kan terlebih dulu. Sebab manajemen bisnis yang tepat itu membutuhkan proses, sejalan dengan kematangan bisnis yang anda lakukan. Salam ACTION!

Source : jokosusilo.com

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment